Tiyas, Devi Retnaning. 2009. Penerapan Creative Approach Untuk Meningkatkan Kreativitas, Kerja Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pokok Bahasan Elastisitas Dan Gerak Harmonis Sederhana Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si (II) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati, M.Si

Kata Kunci: Creative approach, peningkatan kreativitas, peningkatan kerja ilmiah, peningkatan pemahaman konsep.

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru fisika SMA Negeri 1 Karangrejo nilai KKM fisika pada kelas XI IPA 1 adalah 65, dan terdolong rendah jika dibandingkan dengan kriteria nilai ketuntasan minimum yaitu 75. Rendahnya nilai menunjukkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Proses pembelajaran yang dilaksanakan adalah teacher centered. Guru tidak pernah melakukan pembelajaran dengan metode inovatif yang mengajak siswa lebih aktif mengemukakan gagasan.Pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa adalah pertanyaan tertutup, yang mengakibatkan kualitas gagasan siswa rendah. Siswa juga jarang diajak melakukan penyelidikan, karena guru khawatir target menyelesaikan materi akan terhambat, sehingga siswa kurang memperoleh pengalaman dalam percobaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan creative approach,  peningkatan kreativitas, peningkatan kerja ilmiah dan peningkatan pemahaman konsep fisika kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo.

Dalam penelitian ini adalah yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung, berjumlah 44 siswa. Tiap siklus menerapkan metode brainstorming, problem solving dan inkuiri. Instrumen yang dipakai adalah observasi tahapan pembelajaran creative approach, tes kreativitas, observasi kerja ilmiah dan juga tes pemahaman konsep melalui pre-test dan post test.

Hasil penelitian kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo menunjukkan keterlaksanaan creative approach baik, mengalami peningkatan kreativitas, kerja ilmiah dan pemahaman konsep setelah diberi tindakan sesuai RPP. Guru sudah melaksanakan semua tahap dari creative approach yang telah direncanakan. Sehingga berpengaruh pada aktivitas siswa, rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 20,45%  menjadi 24,96%  pada siklus II. Penerapan creative approach dapat meningkatkan kreativitas, kerja ilmiah, dan pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo. Sebelum siklus I rata-rata nilai kreativitas siswa pada kriteria kurang, setelah siklus II rata-rata nilai kreativitas pda criteria bagus. Rata-rata persentase kerja ilmiah siswa meningkat dari 71,19% (cukup) pada siklus I menjadi 91,03% (baik) pada siklus II. Selisih rata-rata antara pre-test dan post test sebesar 17,56 dengan gain score sebesar 0,37 pada siklus I meningkat menjadi 26,16 dengan gain score 0,57 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa sebesar 20,45% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Pembelajaran dengan creative approach mengajak siswa untuk beraktivitas mengemukakan gagasan, sehingga meningkatkan kreativitas, kerja ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa.

Loading