• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Abstrak Skripsi Mahasiswa

Pengembangan Paket IPA Terpadu dengan Tema Energi di SMP Negeri 5 Malang

Pengembangan Paket IPA Terpadu dengan Tema Energi di SMP Negeri 5 Malang

Yulianto, Dedy. 2009. Pengembangan Paket IPA Terpadu dengan Tema Energi di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang : (1) Drs. Eddy Supramono, (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd.

Kata Kunci : Paket, IPA Terpadu, energi

Penelitian evaluatif terhadap pendidikan IPA di SMP yang dilaksanakan di lima propinsi di Indonesia pada tahun 1996 menunjukkan bahwa pendidikan IPA di SMP masih mengalami berbagai masalah karena kecenderungan pembelajaran IPA di SMP pada masa kini tidak  menekankan pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya dalam menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh proyek MBE menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 79%)  mengalami kesulitan untuk merancang  pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA, seperti pada SMP Negeri 5 Malang. Selain itu  hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP  yang dirancang secara terpadu. Penelitian ini betujuan mengetahui kelayakan pengembangan paket IPA Terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang dan kelayakan panduan guru paket IPA Terpadu di SMP Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Sasarannya adalah (1) tersusunnya paket IPA Terpadu dengan tema energi yang layak ,dan (2) tersusunnya panduan guru paket IPA Terpadu. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini  ada 4 tahap yaitu : (1) tahap analisis situasi awal, (2) tahap pengembangan rancangan paket IPA Terpadu, (3) tahap penulisan paket IPA Terpadu, (4) tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert, sedangkan data kualitatif berupa tanggapan, saran, dan kritik dari validator.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket IPA terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang sudah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,72  sehingga paket IPA Terpadu dengan tema energi ini sudah dapat dikatakan layak digunakan oleh siswa SMP Negeri 5 Malang. Sedangkan panduan guru paket IPA Terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang juga sudah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,55 sehingga panduan guru paket IPA terpadu dengan tema energi sudah dapat dikatakan layak digunakan oleh guru SMP Negeri 5 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa paket IPA terpadu dan panduan guru paket IPA Terpadu dengan tema energi sudah layak digunakan di SMP Negeri 5 Malang. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA Terpadu dengan melakukan kajian eksperimen yang lebih luas dan uji coba yang lebih luas.

Tag:energi, IPA Terpadu, Paket

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afktif SiswaKelas VII D SMP Negeri 1 Singosari
September 9, 2009

Next post

Penerapan Creative Approach Untuk Meningkatkan Kreativitas, Kerja Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pokok Bahasan Elastisitas Dan Gerak Harmonis Sederhana Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung
September 9, 2009

You may also like

Ahmad Asrori Nahrun
Ahmad Asrori Nahrun, 2011
2 February, 2014
Ahmad Diana Sofyan
Ahmad Diana Sofyan
1 February, 2014
Ide Hardiana Santi, PENGUKURAN DIAMETER DAN KEDALAMAN KAWAH COPERNICUS DI BULAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISIO PREMIUM 2010 DI LABORATORIUM ASTRONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Pengukuran Diameter Dan Kedalaman Kawah Copernicus
18 January, 2013

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID