0341-552180 fisika.fmipa@um.ac.id

Departemen Fisika
Bakhrul Rizky Kurniawan , S.Pd, M.Pd.
Dr. Sentot Kusairi , S.Pd., M.Si.
Dr. Hari Wisodo , S.Pd, M.Si.
Dr. Sunaryono , S.Pd, M.Si
Dr. Eny Latifah , S.Si, M.Si
3 Desember 2021
Learning and Students / Pembelajaran dan Aktivitas Mahasiswa
SDG 4, Quality Education
SDG 9, Industry, Innovation and Infrastructure

Pembelajaran merupakan proses interaksi guru, siswa, dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan guru untuk dapat menciptakan proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Tujuan penting dari pembelajaran Fisika adalah siswa mampu menguasai konsep fisika dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pembelajaran tidak dapat terlepas dari miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan pemahaman konsep siswa yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah para ahli. Penyebab paling besar miskonsepsi disebabkan dari diri siswa sendiri. Miskonsepsi dalam pembelajaran Fisika menjadi hambatan tersendiri bagi siswa dan menyebabkan kesulitan dalam mengolah suatu informasi baru. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kebingungan dan mengalami kesalahpahaman konsep. Identifikasi miskonsepsi pada siswa sangat perlu dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir dampak dari miskonsepsi.

Oleh karena itu, Tim Soal Jurusan Fisika 2021 berupaya mewadahi dalam bentuk program penulisan artikel penelitian Tim Soal 2021. Program ini bertujuan mendiagnosis miskonsepsi siswa peserta Nucleon Physics Olympiad (NuPhO) 2021, meningkatkan mutu dan kualitas Tim Soal Fisika 2021 dalam bidang penelitian dan meningkatkan produktivitas anggota Tim Soal Fisika 2021. Pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dapat memanfaatkan hasil penulisan artikel untuk menghasilkan produk inovasi guna menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas dan terhindar dari miskonsepsi. Kegiatan diawali dengan pengembangan soal tes sejak Juni – September 2021. Soal yang telah dikembangkan selanjutnya diujikan kepada peserta olimpiade pada bulan Oktober 2021. Hasil pengerjaan soal tes selanjutnya dianalisis dan disusun dalam artikel ilmiah pada bulan November.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih keterampilan penulisan artikel yang sangat berguna untuk menunjang proses pengerjaan skripsi. Saya berharap, kedepannya kegiatan ini dilaksanakan rutin dan berkala”, ujar Muhammad Syahrul Alfianito Ketua Umum Tim Soal Fisika 2021.

“Alhamdulillah, kegiatan penelitian dan penulisan artikel yang dilaksanakan oleh Tim Soal Jurusan Fisika 2021 terstruktur dengan baik, pemilihan topik yang diusung juga cukup baik. Selain itu artikel yang telah disusun juga cukup baik. Meskipun masih ada kekurangan pada hasil artikel-artikelnya, perbaikan kedepannya masih bisa dilakukan agar hasilnya lebih maksimal dan menjamin keberlanjutan penelitian yang dilakukan”, ujar Muhammad Dian Ilham Akbar Anggota Tim Soal Fisika 2021.