Kata kunci: paket IPA Terpadu, Konstruktivisme, Tema Pestisida
Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall dalam Koes H., (2008) yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) penilaian produk, dan (5) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kelayakan paket IPA terpadu tema pestisida dan panduan pelaksanaan untuk guru yang diisi oleh tim penilai. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata kuesioner skala Likert, sedangkan data kualitatif berupa tanggapan, saran, dan kritik dari tim penilai.
Paket IPA terpadu yang dikembangkan didasarkan pada prinsip konstruktivisme dengan tema pestisida. Paket IPA terpadu tema pestisida menyajikan materi fisika, kimia, dan biologi secara terpadu. Tema pestisida meliputi beberapa kompetensi dasar (KD), yaitu KD 3.1(kelas 7): Menyelidiki sifat sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari, KD 4.1(kelas 7): Membandingkan sifat fisika dan sifat kima zat, KD 4.1 (kelas 8) : Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari hari, KD 7.1(kelas 7): Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem, KD 7.4(kelas 7): Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata kuesioner paket IPA terpadu sebesar 3,44 dan panduan pelaksanaan guru sebesar 3,39 yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu kelas VII. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA terpadu dan panduan pelaksanaannya dalam lingkup yang lebih luas agar diketahui kelayakan, tingkat efektifitas dan efisiensinya terhadap pembelajaran IPA terpadu. Pengembangan paket IPA terpadu dan panduannya dapat dilakukan dengan tema yang berbeda