Ayuningtyas, Putri. 2010. Analisis Pembelajaran Fisika pada Materi Pokok Besaran, Satuan dan Pengukuran di Kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Sutopo, M.Si (II) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si
Kata kunci: analisis pembelajaran; fisika; besaran, satuan, dan pengukuran
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran fisika pada materi pokok Besaran, Satuan, dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (2) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran fisika pada materi pokok materi Besaran, Satuan, dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (3) menemukan good practices dari proses pembelajaran fisika pada materi pokok Besaran, Satuan, dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses pembelajaran materi pengukuran panjang, massa, dan waktu menggunakan metode ceramah, praktik, diskusi kelompok, dan diskusi kelas. Proses pembelajaran materi vektor menggunakan metode ceramah dikombinasikan dengan tanya-jawab dan berlatih soal. (2) Efektivitas pembelajaran berdasarkan proses pembelajaran, secara umum sebagai berikut. Hampir seluruh siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik pada pembelajaran pertama (materi pengukuran panjang, massa, dan waktu) tetapi, tidak pada pembelajaran kedua (materi vektor satuan dan penjumlahan vektor) dan pembelajaran ketiga (materi perkalian vektor). (3) Efektifitas pembelajaran berdasarkan hasil tes kognitif. Pada materi Besaran, Satuan, dan Pengukuran diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,17 dan ketuntasan belajar hanya mencapai 7,34% atau hanya ada 3 siswa dari 41 siswa yang tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada materi Besaran, Satuan, dan Pengukuran secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai = 75 hanya sebesar 7,34%. (4) Good practices yang diperoleh dari proses pembelajaran fisika materi Besaran, Satuan, dan Pengukuran meliputi: pengelompokan siswa, pengorganisasian kelompok, ketersiapan alat praktik, pemberian pertanyaan dan pernyataan, antusiasme guru dan siswa, pemberian soal, penyelesaian soal, media pembelajaran, pemberian motivasi, pemberian tugas, dan penarikan kesimpulan.