Putranto, Pradipta Pramuda. 2011. Analisis Kestabilan Lapisan Tanah untuk Pertimbangan Pemilihan Jenis Paku Bumi di Jalan Soekarno Hatta Kota Malang dengan menggunakan Metode Seismik Refraksi. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Zulaikah, M.Si., (II) Daeng Achmad Suaidi, S.Si, M.Kom
Kata Kunci : Friction Pile, Kestabilan Tanah, Paku Bumi, Metode Seismic Refraction
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui struktur geologis di Kecamatan Lowokwaru, Malang. Struktur geologis yang diamati adalah tentang kestabilan tanah untuk penancapan paku bumi. Metode yang digunakan adalah metode seismik refraksi, yaitu metode yang bekerja berdasarkan gelombang seismic yang direfraksikan mengikuti lapisan-lapisan bumi di bawah permukaan. Waktu tempuh gelombang antara sumber getar dan penerima akan menghasilkan gambaran tentang kecepatan dan kedalaman lapisan.
Penelitian ini dilakukan sebanyak empat posisi horizontal, dengan menggunakan metode seismic refraction, dengan luas area 25 m x 20 m. Teknik pengukuran dilakukan didasarkan pada stacking chart yang telah dibuat sebelumnya yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Metode seismic refraction digunakan untuk mengetahui variasi kecepatan gelombang, kedalaman lapisan, dan jenis lapisan di daerah penelitian.
Dari hasil pengukuran seismik dan analisis data, diperoleh kesimpulan tentang tiga lapisan tanah yaitu pada lapisan pertama dengan variasi kecepatan antara 322,31 m/s–338,01 m/s merupakan lapisan pemukaan lapuk dengan kedalaman antara 2,14 m–2,10m. Pada lapisan kedua dengan variasi kecepatan antara 532,37 m/s–561,47 m/s merupakan lapisan kerikil atau pasir kering yang memiliki kedalaman antara 4,38 m–4,42 m, dan pada lapisan ketiga dengan variasi kecepatan antara 667,36 m/s–699,14 m/s merupakan lapisan pasir basah dengan kedalaman antara 7,13 m – 7,88m. Jenis tiang pancang yang cocok digunakan pada fondasi bangunan di daerah penelitian adalah jenis tiang Friction Pile.