• Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu
Fisika FMIPA UMFisika FMIPA UM
  • Home
  • Profil
    • Sejarah Jurusan
    • Visi Misi
    • Struktur Organisasi
    • Sarana Fisika
    • Data Dosen Fisika
    • Alumni
    • Direktori UM
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan
      • Ijin Pendirian
    • S1 Fisika
      • Visi, Misi, Tujuan, Startegi
      • Kemahasiswaan dan Lulusan
      • Sumber Daya Manusia
      • Kurikulum
      • Pembiayaan
      • Penelitian
    • S2 Pendidikan Fisika
    • S2 Fisika
      • Visi Misi
      • Kurikulum
      • Kompetensi Lulusan​ S2 Fisika
      • Akademik
        • Lampiran Prosedur dan Persyaratan
        • Surat Ijin Pendirian
        • Penerimaan Mahasiswa Baru
        • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis
    • P3G
    • Daftar Pustaka Pendidikan Fisika
  • Akademik
    • Bahan Ajar Online
    • Karya Ilmiah
    • Akreditasi Jurusan
    • SK Pendirian Prodi
    • Skripsi Daring
    • Katalog Jurusan Fisika
  • Laboratorium
    • Lab Fisika UM
    • Alat Peraga Fisika
    • Layanan Kunjungan Lab
    • Tenaga Tendik – Laboran
    • Lab Sentral
    • Video Praktikum
  • Dokumen UM
    • Kalender Akademik
    • Pedoman Pendidikan
    • Panduan Brand UM
    • Katalog UM
    • Panduan Lambang UM
    • Perjanjian Kinerja Dosen Fisika
    • Download Page
  • Jurnal
    • Foton
    • JPSE
    • JRPF
  • Event
    • Seminar Nasional
    • Seminar Internasional
    • Kuliah Tamu

Skripsi Genap 2015 2016

Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja

Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja

Judul Skripsi Mahasiswa:
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Pemb I:: Edi Supriana Drs. M.Si
Pemb II:: Sugiyanto S.Pd, M.Si

Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja, Edi Supriana, Sugiyanto
Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang
E-mail: bachtiaratmadja36@gmail.com; edisupriana@yahoo.com; sugiyantofisika@yahoo.com.

 


ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan usaha dan
energi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen tipe pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X MIA SMAN 8 Malang. Teknik pengambilan sampel dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel yaitu
kelas X-MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA4 sebagai kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,6
lebih tinggi daripada kelas kontrol 73,7. Hasil uji hipotesis prestasi belajar fisika didapat ttabel = 1.994 < 2.585 = thitung, menunjukkan bahwa prestasi
belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada siswa yang belajar secara konvensional.
Kata kunci: model pembelajaran PBL; prestasi belajar fisika.

 

Tag:model pembelajaran PBL; prestasi belajar fisika.

  • Share:
author avatar
Admin02

Previous post

Agus Hari Wahyudi
May 21, 2016

Next post

Laboratorium Astronomi Fisika UM
May 21, 2016

You may also like

Ana Amelia Rizqia
Ana Amelia Rizqia
24 May, 2016
AHMAD MUSRIFIN
AHMAD MUSRIFIN
24 May, 2016
Agus Hari Wahyudi
Agus Hari Wahyudi
21 May, 2016

Leave A Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link

  • Akademik
  • Direktori UM
  • Karya Ilmiah Dosen
  • Bahan Ajar Online
  • Download Page
  • Skripsi Daring
  • Fisika News
  • Pengumuman
  • Blog Fisika UM
  • Abstrak Skripsi Mahasiswa

Jl. Semarang 5, Malang 65145 Indonesia
Telp. 0341-552125
Fax : 0341-559577

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Dribbble

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Pascasarjana

Jurusan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Prodi IPA

Jurusan Fisika UM by FMIPA Powered by UM.

English EN Indonesian ID