Krisnawati, Y. Aditia. 2009. Penerapan Pembelajaran kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Untuk MeningkatkanMotivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Wartono, M.Pd, (2) Drs. Purbo Suwasono,  M.Si

Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Motivasi , Hasil Belajar

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek pada kelas VIII-H, diketahui bahwa motivasi belajar siswa sangat rendah indikasinya adalah siswa terlihat bermalas-malasan saat mengikuti pembelajaran, jarang sekali aktivitas belajar yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru atau Teacher center metode yang digunakan didominasi oleh metode ceramah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif dan aspek psikomotorik sangat rendah. Rata-rata nilai ulangan harian bab sebelumnya 58, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 adalah 22 siswa (50%) dari 44 siswa. Siswa jarang sekali diajak melakukan praktikum Fisika sehingga aspek psikomotorik siswa rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif  model Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran ini terdiri dari empat sintak, yaitu Numbering (Penomoran), Questioning (Pertanyaan) Heads Together (berfikir bersama), Answering (Menjawab).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek dengan jumlah siswa 44 orang, yang yang terdiri dari adalah 19 putra dan 25 putri.

Hasil penelitian menunjukkan Motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada perbandingan siklus I dengan siklus II. Untuk motivasi belajar yang meliputi empat aspek yaitu minat meningkat sebesar 15, aspek perhatian 21, aspek konsentrasi 6, dan aspek ketekunan meningkat sebesar 19. Kemudian hasil belajar yang meliputi dua aspek yaitu pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Untuk aspek kognitif terjadi peningkatan sebesar 13,6% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70, kemudian aspek psikomotor juga mengalami peningkatan pada setiap aspeknya yaitu kemampuan menyusun alat meningkat sebesar 19, kemampuan melakukan pecobaan meningkat sebesar 22, dan ketelitian membaca alat ukur meningkat sebesar 11. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Loading